Games MobileMobile Legend

16 Tips Rahasia Pro Player Mobile Legend Untuk Pemula Auto Mythic – best tips

Mobile Legend menjadi game paling populer sampai saat ini, dimana mobile legend menduduki urutan pertama game online genre MOBA dengan jumlah download terbanyak.

Mobile Legend launching di Playstore pada 16 Juli 2016, sejak di launching sampai saat ini Mobile Legend tidak pernah ditinggalkan oleh para penggemarnya khususnya para pecinta game bergenre MOBA.

Banyak orang yang bermain Mobile Legend hanya untuk mengisi waktu luang saja, tetapi ada juga yang memang benar-benar mempelajari dan focus bermain untuk menjadi pro player ML (Singkatan populer dari Mobile Legend).

Di jaman dahulu stigma negative selalu melekat bagi orang yang suka bermain dan menghabiskan waktunya untuk game.

Namun berbeda di jaman sekarang, di era modern ini bermain game bisa menjadi mesin pencetak uang bagi orang yang benar-benar menekuninya.

Kita ambil contoh dari para pro player ML seperti Muhammad Ikhsan atau lebih di kenal RRQ Lemon yang saat ini berada di squad Req Regum Qeon. Lemon menjadi contoh gamer sukses yang mempunyai penghasilan mencapai miliyaran.

Hal itu membuat banyak anak muda hingga orang dewasa yang berminat dan ingin mendalami game online agar menjadi pro player, tidak sedikit anak kecil yang bahkan memiliki cita-cita menjadi pro player game online.

Namun menjadi pro player bukanlah hal yang mudah, butuh kerja keras, latihan, dan tentunya dukungan dari orang tua dan orang sekitar.

Maka dari itu kami memilki tips bagi anda yang memang benar-benar minat menjadi pro player Mobile Legend.

Berikut tips rahasia pro player untuk pemula agar jago bermain game Mobile Legend :

1 – Memiliki Koneksi Internet yang Stabil

Point pertama ini menjadi factor yang sangat penting dalam bermain game online. Dengan koneksi internet yang memadai bermain game akan menjadi lancar dan tidak mengalami hambatan.

Sebaliknya jika anda mempunya koneksi internet yang tidak stabil akan membuat permainan menjadi lag, koneksi terputus yang membuat kita menjadi AFK (Away From Keyboard) tentunya membuat kita mendapatkan penalty dari pihak Mobile Legend dan merugikan team yang sedang bermain bersama kita.

2 – Menguasai salah satu hero

Bagi kalian yang pemula tentunya masih bingung dan belum paham tentang karakter yang ada di Mobile Legend. Di awal permainan kita hanya akan mendapatkan beberapa hero saja.

Pilihlah salah satu hero tersebut, dan pelajari hero itu sampai anda benar-benar menguasai dan hafal. Setelah itu mulailah mempelajari hero lain.

Mobile legend memiliki 6 role, yaitu Fighter, Assasin, Mage, Tank, Marksman dan Support. Dimana masing-masing role memiliki tugas yang berbeda-beda dalam permainan.

Sedangkan untuk mode bermain ada 5 yaitu Clasic, Rank, Custom, Vs A.I, dan Brawl.

3 – Pahami Build Item

Build item di Mobile Legend menjadi factor penting penentu kemenangan dalam permainan.

Anda harus memahami item-item yang ada di shop. Baca dan pahami fungsi dan stat serta special effect dari masing-masing item. Untuk membeli item anda tinggal masuk menu preparation -> gear.

Jika kalian yang masih bingung memilih item bisa melihat di bagian popular equipment set dan pro player equipment set yang ada di menu utama atau bisa juga saat anda selesai memilih karakter dalam permainan.

Dengan memahami item yang ada kita menjadi tau, item mana yang cocok untuk masing-masing karakter dan role yang ada di Mobile Legend. Sehingga kita tidak perlu bingung memikirkan item di karakter yang baru kita mainkan.

4 – Fokus Upgrade Emblem Anda

mobile legend

Jika anda sudah paham build item, seiring berjalanya waktu anda akan menyukai atau memilih salah satu role yang ada di mobile legend.

Jika anda sudah memilih sala satu role maka fokuslah upgrade emblem role anda. Upgrade emblem bisa juga menggunakan magic dust.

5 – Lihat Minimap

mobile legend

Melihat minimap membuat kita mengetahui dimana posisi kita, posisi perkiraan musuh, posisi team kita, jungle , waktu mundur turtle dan lord. Dengan melihat minimap kita juga bisa melihat ping kita.

Tentunya kita tidak mau kan disebut sebagai orang yang buta Map, yaitu istilah bagi orang yang tidak melihat map saat permainan berjalan.

6 – Pilih Battle Spell Yang Tepat

mobile legend

Pilih battle spell yang tepat, sebelum itu silahkan and baca dan pahami jenis-jenis battle spell yang ada di game.

Battle spell dalam game Mobile Legend berjumlah 12, yaitu Execute, Retribution, Inspire, Sprint, Revitalize, Aegis, Petrify, Purify, Flameshot, Flicker, Arrival dan Vengeance.

Jika anda seorang jungler maka anda gunakan spell retribution dan jika anda menggunakan role lain pilihlah spell yang sesuai.

Berikut adalah battle spell yang menurut pro player paling efektif yaitu Retribution, Aegis, Flicker, dan bagi anda yang menyukai pertarungan jarak  dekat bisa menggunakan Execute.

7 – Leveling Dengan Efektif

Bagi anda yang dipilih team menjadi seorang Core/carry (istilah bagi pemain kunci yang memegang role utama dalam permainan dan membawa team menuju kemenangan) tentunya leveling menjadi factor yang sangat penting.

Jika level anda lebih tinggi dari core musuh maka akan membuat karakter lebih kuat dan lebih mudah mengeliminasi musuh.

Tetapi leveling yang efektif bukan hanya berlaku kepada pemain core/carry, bagi anda yang bermain di side lane mid atau mungkin support juga leveling merupakan hal yang penting.

Mendapatkan exp bisa dengan cara membunuh minion, jungle, turtle, membunuh musuh. Bagi anda seorang core/carry bisa gunakan spell retribution dan belilah item jungle, hal itu bisa mempercepat anda untuk melakukan leveling.

8 – Hindari AFK

tips bermain mobile legend untuk pemula

AFK (Away From Keyboard) yaitu dimana seorang player meninggalkan permainan saat game masih berjalan.

Jika kita AFK baik disengaja atau tidak disengaja akan membuat kita mendapatkan penalty, yaitu dengan dikuranginya kredit score kita, selain itu juga AFK merugikan team yang sedang bermain bersama kita karena mereka kehilangan satu pemain.

Jika credit score kita rendah, maka membuat kita tidak bisa memasuki permainan rank match. Menambah credit score bisa dengan cara bermain classic atau brawl mode.

9 – Pick Hero Sesuai Kebutuhan Team

tips bermain mobile legend untuk pemula

Di rank warrior sampai grand master mungkin kalian masih memilih hero sesuai yang anda sukai dan kuasai.

Tetapi berbeda jika kalian sudah memasuki rank Epic hingga Mythic. Kalian akan bertemu mode rank draftpick. Dimana kalian akan memilih hero secara bergantian dengan rekan team ataupun musuh.

Pilihlah hero sesuai dengan yang team butuhkan, missal jika anda seorang assassin ternyata sebelum anda rekan team sudah ada yang pick assassin maka anda bisa memilih role lain.

Maka dari itu jika anda sudah mencapai rank ini minimal kalian harus bisa menguasai setidaknya 2 role dan beberapa hero yang ada di role tersebut.

10 – Fokus Menghancurkan Turret dan Base

tips bermain mobile legend untuk pemula

Dalam permainan Mobile Legend menghancurkan turret adalah Base adalah factor utama dalam penentu kemenangan.

Percuma jika kita membunuh banyak tetapi kita lupa menghancurkan turret dan base, maka kita tidak akan mendapatkan kemenangan, bisa jadi kita yang akan mendapatkan epic comeback dari team musuh.

Posisi side lane adalah posisi yang efektif untuk melakukan push turret, biasanya dalam sebuah team ada salah satu pemain yang ditunjuk untuk melakukan split push, biasanya posisi ini diisi oleh pemain core atau mid lane.

Maka dari itu bermainlah dengan kompak dan fokuslah menghancurkan turret dan base, jangan fokus membunuh musuh saja.

11 – Pelajari Cara Farming Yang Efektif

tips bermain mobile legend untuk pemula

Farming sedikit berbeda dengan leveling, farming bukan hanya membunuh minion dan mendapatkan gold saja.

Kalian juga harus memiliki item lebih cepat dan tentunya harus mempunyai kemampuan yang lebih baik dari musuh. Jika kalian lebih cepat memiliki item dan gold dari musuh maka anda memiliki kemungkinan memegang kendali permainan.

Farming biasanya dikhususkan bagi pemain yang ditunjuk menjadi core/carry team. Karena merekalah kunci kemenangan dari sebuah team.

Hal yang harus diperhatikan ketika farming minion yaitu bunuhlah minion ketika lane sedang kosong, jika anda sedang sendiri hindari melakukan clearing lane sampai kedepan apalagi ada musuh.

Perhatikan juga minimap, hal ini bisa membuat anda terhindar dari gank. Anda juga bisa memanfaatkan semak-semak untuk bersembunyi dan menunggu lawan datang untuk menyergapnya.

12 – Pahami dan Kuasai Role Yang Sedang Anda Mainkan

tips bermain mobile legend untuk pemula

Memahami dan sadar dengan role yang kalian mainkan adalah hal pokok dan hal yang menentukan kemenangan dalam permainan anda.

Kalian harus sadar diri dengan role yang anda gunakan, jika anda seorang tank maka fokuslah lindungi core anda agar tetap nyaman dalam farming, jika dalam posisi war, tank harus selalu di posisi terdepan melindungi anggota team yang lain.

Jika anda menjadi tank jangan sekali-kali anda fokus membunuh  lawan, anda hanya cukup membayangi lawan dan menyicil sambil melindungi core anda, anda juga harus rajin cek semak-semak agar anggota team terhindar dari gank.

Begitupun role lain juga harus menjalankan tugas dan tanggung jawab nya dalam team, sehingga anda mencapai tujuan anda dalam permainan yaitu kemenangan.

13 – Melihat Live Streaming Top Global dan Pro Player

tips bermain mobile legend untuk pemula

Melihat live streaming top global dan pro player membuat kita lebih paham karakter yang kita sukai, kalian akan belajar pergerakan, kemampuan dan combo dari karakter yang anda sukai.

Selain itu  kalian juga bisa mencontoh build item yang digunakan mereka pada karakter tersebut. Kalian juga bisa mempelajari cara keluar dari posisi tertekan, cara menggendong team, cara melakukan epic comeback dan lain-lain.

14 – Carilah Teman Mabar

tips bermain mobile legend pemula

Mobile legend bukan game yang bisa dimengkan seorang diri, kalian membutuhkan kerjasama team yang solid. Ketika bermain solo rank kita sering mendapat team yang noob atau kurang menguasai hero yang dia gunakan, hal itu mebuat kita sangat jengkel dan tidak semangat dalam melanjutkan permainan.

Jika anda mempunyai teman mabar maka anda bisa meminimalisir masalah tersebut, karena dengan bermain bersama komunikasi kita akan menjadi lebih baik.

Kita tidak perlu khawatir dalam draft pick, karena kita sudah memiliki role masing-masing dalam team kita.

Mencari teman mabar tidak harus bermain dalam satu tempat yang sama, karena mobile legend didukung dengan system voice chat yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan rekan se-team. Hal ini membuat kita bisa menjalin komunikasi di tempat yang berbeda.

Tetapi dengan menghidupkan voice chat kadang mempengaruhi jaringan dan ping dalam permainan, sehingga permainan menjadi lag.

15 – Buat Atau Gabung Squad

tips bermain mobile legend untuk pemula

Anda bisa membuat squad dengan cara masuk ke menu paling kanan dibawah daftar teman dengan membayar sebanyak 199 diamond, selanjutnya anda bisa merekrut teman anda dan memasukanya kedalam squad anda.

Alternatif lainya adalah anda mencari squad yang sedang membutuhkan anggota, bisa dengan cara bertanya kepada rekan team yang memiliki squad atau bertanya kepada teman anda.

Dengan bergabung squad membuat kita menjadi lebih semangat dan kompak dalam permainan, anda bisa berlatih dengan squad anda atau mungkin melakukan sparing dengan squad lain.

16 – Smartphone Yang Memadai

tips bermain mobile legend untuk pemula

Bukan hanya jaringan saja yang harus bagus, smartphone yang anda gunakan juga harus memadai.

Jika anda menggunakan smartphone dengan spek yang kurang memadai untuk bermain mobile legend, maka akan sangat mempengaruhi dalam permainan.

Permainan akan terasa lebih lambat dan patah-patah, disamping itu juga membuat kita tidak bisa bermain secara maksimal dan mengeluarkan seluruh kemampuan kita.

Sebaliknya jika kita menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang bagus maka akan membuat permainan lancar, ringan dan nyaman dimainkan.

Untuk game mobile legend tidak perlu spek smartphone yang terlalu tinggi. Minimal spek untuk bermain Mobile Legend yaitu kapasitas RAM 2GB, Android 0.4 dan sudah support jaringan 4G.

Baca juga :

Spesifikasi Xiaomi BlackShark 5 dan 5 Pro.

Demikian Artikel tentang 16 Rahasia Proplayer ML Untuk Pemula dari saya, dengan belajar, bermain dengan tekun dan konsisten menjadi pro player bukanlah hal yang tidak mungkin bagi anda. Tetap semangat.