News

8 Tips Aman Menggunakan WiFi di Publik Area yang Wajib Kamu Ketahui

10 Tips Aman Menggunakan WiFi di Publik Area yang Wajib Kamu Ketahui – Semakin berkembangnya teknologi, saat ini hampir di seluruh publik area sudah memasang WiFi terutama di daerah perkotaan.

WiFi sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kalangan, terutama untuk kepentingan bisnis seperti di daerah perkantoran, hotel, tempat wisata ataupun dirumah pribadi baik diberikan gratis tanpa password ataupun menggunakan password.

Saat kita sedang berkunjung ke sebuah resto atau cafe biasanya kita akan diberikan password WiFi di tempat tersebut, tentunya kita biasanya akan menggunakan akses WiFi gratis yang disediakan.

Tapi pernakah kalian berfikir? Apakah hal tersebut memiliki resiko terhadap keamanan data yang ada di smartphone kamu? Sebelum mengetahui 8 tips aman menggunakan WiFi di publik area, sebaiknya kenali dulu bahaya dan resiko menggunakan jaringan WiFi di publik Area.

Baca Juga : 10 Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Saat Traveling

Bahaya dan Resiko Menggunakan WiFi di Publik Area

Ada banyak alasan mengapa risiko keamanan wifi di publik area menjadi masalah besar. Salah satu alasan terbesarnya adalah membuat data orang rentan terhadap peretasan.

Peretas dapat dengan mudah mencegat informasi yang dikirim melalui internet, yang berarti mereka dapat melihat kata sandi atau informasi sensitif lainnya. Alasan lain mengapa risiko keamanan wifi publik sangat penting untuk diperhatikan adalah bahwa ada banyak cara berbeda di mana peretas bisa mendapatkan akses ke data Anda.

Seorang hacker bisa mendapatkan akses ke komputer Anda dengan menginstal malware di dalamnya, atau mereka bisa membuat jaringan wifi palsu dan Anda terhubung tanpa menyadari bahwa Anda telah terhubung ke jaringan yang salah agar mereka mencuri informasi Anda.

Maka sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menggunakan WiFi di publik area, namun anda jangan khawatir, kami memiliki tips untuk mengatasi hal tersebut. Silahkan simak tips yang akan kami berikan di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mencadangkan Data CCTV yang Dihapus & Mengembalikan Keamanan Jika Terjadi Suatu Peristiwa

8 Tips Aman Menggunakan WiFi di Publik Area

1. Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) akan mengenkripsi data anda dan menjaganya tetap aman dari pengintai atau peretas yang mungkin mengintai di jaringan.

Cara kerja dari VPN adalah dengan memindahkan lokasi mengakses anda ke negara lain sehingga akan menyulitkan peretas untuk mengetahui lokasi anda.

Saat ini sudah banyak aplikasi VPN yang tersedia di playstore maupun di appstore, sebaiknya anda mulai menggunakan VPN terutama saat sedang menggunakan WiFi di publik area agar meningkatkan keamanan di perangkat anda.

2. Pastikan sumber Hotspot yang anda gunakan aman

Hotspot WiFi publik terbuka untuk umum, yang berarti Anda harus membagikan data anda dengan orang lain. Tentunya hal Ini bisa menjadi masalah bagi sebagian orang yang memiliki data sensitif seperti password, nomor kartu kredit dan lainnya.

Jika anda sedang berada di tempat yang baru sebaiknya jangan asal menyambungkan perangkat anda ke jaringan yang tersedia. Anda harus memastikan kemamanan jaringan tersebut sebelum menggunakanya.

Selain itu anda juga harus memperhatikan nama dari jaringan yang anda sambungkan, perhatikan nama WiFi dan tempat yang sedang anda singgahi. Pastikan menggunakan jaringan yang sesuai dengan nama tempat tersebut.

3. Gunakan Incognito mode atau private browsing

Tips aman menggunakan WiFi di publik area yang ketiga adalah menggunakan incognito mode atau private browsing. Saat orang menggunakan browser, otomatis data yang dimasukan akan tersimpan di browser tersebut. Data yang tersimpan tersebut rentan akan ancaman keamanan.

Maka dari itu gunakan incognito mode (mode penyamaran) atau private browsing saat anda sedang menggunakan browser. Saat ini sudah banyak browser yang memiliki fitur tersebut sehingga saat anda menutup jendela halaman browser tersebut maka dengan otomatis data, password, cache selama anda browsing akan hilang atau terhapus.

4. Gunakan antivirus

Tips aman menggunakan WiFi di publik area yang keempat adalah menggunakan antivirus. Antivirus memang memiliki banyak manfaat untuk perangkat kita, mungkin hampir semua laptop sudah memiliki aplikasi antivirus untuk keamananya.

Antivirus bisa juga berfungsi untuk sistem keamanan jaringan perangkat anda. Antivirus dapat mencegah perangkat anda terkena malware saat menggunakan WiFi di publik area.

5. Gunakan Firewall

Tips aman menggunakan WiFi di publik area yang kelima ada menggunakan Firewall. Firewall adalah sistem keamanan komputer yang berfungsi untuk menjaga keamanan perangkat dari berbagai ancaman yang ada di jaringan internet.

Firewall dapat memonitor lalu lintas jaringan yang keluar dan masuk di perangkat komputer kita, sehingga dapat membantu mengamankan data yang kita miliki dari hacker atau orang yang berniat buruk kepada kita.

6. Gunakan sambungan WiFi manual

Saat anda akan menggunakan jaringan WiFi di publik area sebaiknya hindari sambungan otomatis, hal itu dapat beresiko terhadap kemanan perangkat anda. Menyambungkan jaringan WiFi secara manual jauh lebih aman.

Cara ini bisa dilakukan jika anda sudah selesai menggunakan jaringan WiFi di publik area. Saat sudah selesai menggunakan jaringan anda bisa pilih forget network pada menu wifi di perangkat anda sehingga anda tidak akan tersambung secara otomatis ke jaringan tersebut.

Baca Juga : 14 Cara Charger Handphone yang Benar Agar Awet Digunakan

7. Jangan menggunakan situs atau aplikasi yang mengharuskan anda memasukan data penting

Saat anda sedang menggunakan jaringan WiFi di publik area sebaiknya hindari menggunakan situs atau aplikasi yang mengharuskan anda memasukan data penting seperti password, no. identitas, no. kartu kredit dan lainya.

Sebaiknya anda akses hal-hal selain itu, anda bisa menggunakan jaringan internet dirumah jika anda ingin mengakes aplikasi atau situs diatas yang pastinya lebih aman.

8. Pastikan web yang anda akses memiliki SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah komponen yang sangat penting yang harus dimiliki sebuah web. SSL akan membuat transfer data di sebuah web menjadi aman dan terenskripsi.

Label SSL bisa kita lihat di bagian kiri alamat web berupa gambar gembok yang memiliki arti bahwa web tersebut aman digunakan untuk berselancar.

Jika web yang tidak memiliki sertifikat SSL kemudian kita mengaksesnya maka akan muncul notifikasi not secure. Jika anda ingin tetap membukanya anda harus mengklik continue to site. Web yang tidak bersertifikat SSL tentunya memiliki resiko terhadap keamanan data anda.

Kesimpulan

Menggunakan jaringan WiFi di publik area memang memiliki banyak resiko terhadap keamanan data atau perangkat yang kita miliki. Anda memang sudah seharusnya waspada jika sedang menggunakan jaringan tersebut.

8 Tips aman menggunakan WiFi di publik area yang kami buat mungkin bisa membantu anda yang memang sering menggunakan jaringan tersebut karena urusan pekerjaan atau bisnis yang mengharuskan anda menggunakanya.

Mencegah akan lebih baik daripada memperbaiki, sebelum kita mengalami hal buruk karena menggunakan jaringan WiFi gratis di publik area sebaiknya kita mencegah hal buruk tersebut.

8 Tips Aman Menggunakan WiFi di publik area by Redox Art

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *